Pages

Subscribe:

Cayfano Latupeirissa Siap Menjadi WNI dan Membela Timnas Indonesia

Satu lagi pemain berdarah keturunan Indonesia Belanda menyatakan siap menjadi WNI dan bermain untuk Timnas Indonesia. Dia adalah Cayfano Latupeirissa. Pada wawancara dengan media Belanda Omroep Gelderland September 2010, Cayfano Latupeirissa, sayap NEC Nijmegen klub Divisi 1 Liga Belanda, mengatakan dirinya membaca di internet bahwa Indonesia berminat padanya. Walaupun belum mendengar langsung dari PSSI tapi ia menyatakan terbuka.

"Saya baca di internet, tapi belum ada kontak langsung," kata Latupeirissa  kepada Omroep Gelderland sambil menambahkan. "Mengingat saya berlatar belakang Maluku, situasinya agak peka. Tapi kalau mereka minati saya, selalu bisa dibicarakan. Tentu saja saya akan berpikir dengan baik dan minta nasihat ayah." 

Masalahnya mungkin terletak soal emosi sejarah, orang Maluku generasi pertama dan kedua masih punya rasa kegetiran soal Indonesia. Tapi sebagai generasi ketiga tampaknya Cayfano sendiri tidak terlalu masalah. "Saya bisa main untuk Indonesia, walaupun saya pernah bermain di timnas junior Belanda."


Itu situasi pada September 2010, bagaimana dengan situasi pada Oktober 2011 ini? Setelah ia mencetak gol perdana untuk NEC mengalahkan FC Volendam pada piala KNVB.